27 Feb 2021

Kentut

POSTINGAN BLOG MACAM APA INI!? WKWKWK

Eh, tunggu dulu.

Kali ini hal yang gw omongin ini tergolong penting, lho. Iya kalian nggak salah masuk blog kok. Eh, mungkin aja sih kalian salah masuk blog soalnya blog gw biasanya nggak ada yang baca. Tapi buat kalian yang udah terlanjur sengaja-ga-sengaja masuk ke blog gw ini karena.. entah mungkin kalian lagi iseng atau lagi gabut maenan Google terus nemu blog gw, atau karena sebenernya nyari informasi medis terkait masalah di daerah perut tapi malah ketemu shitpost blog gw. 

Pokoknya gw ucapkan selamat datang di blog gw yang sederhana ini! Maap, tapi blog gw nggak sedia masakan padang. Bukan sederhana yang itu maksudnya. 

Figur 1.1 Aq g diendorse :(

Oke, kita masuk ke inti pembahasan kita.

Hari ini kita bakal ngomongin tidak lain dan tidak bukan adalah sesuatu yang dapat membuat bulu hidung anda bergidik, atau membuat alis anda berkerut, mulut anda berkata hal-hal yang tak pantas diucapkan, dan anggota tubuh anda melakukan kekerasan terhadap pelakunya tanpa disadari. Ya. Kita akan berbicara mengenai... Kentut. (insert dramatic music here)

Kentut, atau kalau di daerah gw juga sering disebut buang angin, kalau di deket rumah gw ada juga yang nyebut dengan Flatus, kalau di daerah lain gw kurang tau ya. Kentut merupakan proses fisiologis tubuh saat mengeluarkan gas atau udara di dalam usus yang dikeluarkan lewat, ehm, situ. Iya anus atau dubur namanya gitu. Gas atau udara ini ada di dalam usus akibat dari proses makanan yang kita makan, fermentasi bakteri di dalam usus, dan sisanya udara yang nggak sengaja ketelen. 

Singkatnya, kalo gasnya udah banyak yang di dalam tubuh, ditambah dengan pergerakan usus kita yang membuat tekanan di dalam usus meningkat, ya harus dikeluarin dong biar nggak meledug di dalem. Hehe. Canda meledug.

Tapi serius. Meskipun bisa bikin orang sebelah mual, muntah, sampe pingsan-pingsan, kentut merupakan salah satu tanda bahwa organ pencernaan kita berfungsi dengan normal. Iya, jadi kentut merupakan suatu privilege yang kita, sebagai orang yang sehat, miliki namun terkadang sering luput untuk disukuri. Inget kata-kata gw: kentut is a privilege! Camkan itu

Terus kenapa hari ini gw niat banget buat bahas kentut? Jadi beberapa waktu yang lalu gw lagi scroll-scroll twitter dan liat-liat update-an tentang Covid seperti biasa, dan seperti biasa pula di antara akun-akun yang komen di twit seputar covid, pasti adaaaaa, adaaaa aja akun, entah termasuk buzzer atau bukan, pokoknya ada aja akun yang menyebarkan desas-desus, gosip, isu-isu, atau hoax seputar covid. Kurang lebih sih kayak gambar dibawah.

Figur 1.2 Tumben ini picturenya lagi bener

Karena gw nemunya udah lama dan waktu itu gw belom sempet ngeblog, jadi twit asli yang men-trigger gw buat ngeblog soal kentut ini nggak dapet ss-annya, padahal waktu itu pengen banget gw bales panjang lebar sayangnya karakter per twit dibatesin. Singkatnya, di twit itu kesannya dia bilang nggak mungkin orang cuma nggak bisa kentut aja meninggal, apalagi Covid pasti cuma akal-akalan aja. Tipikal covidiot gitu lah ya. Duh gatel gw pengen nanggepin panjang-lebar tapi nggak jadi. 

Lagian, gw punya rule tersendiri saat main twitter untuk menjaga kewarasan gw yaitu to not argue with stupid. Iye. Beneran deh. Gw pernah balesin orang yang kayaknya susah banget dibilangin dan gw udah ngabisin waktu berjam-jam buat ngejelasin ke dia tapi teteep aja nggak masuk. Jadinya capek sendiri. Akhirnya gw putuskan yasudahlah, semoga dia cepat dapat hidayah aja gitu deh udah. Majalah yang zaman dulu sering terbit tu judulnya "Hidayah" masi pada inget ga? Eh, oiya, sori jadi ngalor-ngidul.

Lanjoet.

Nggak bisa kentut merupakan salah satu gejala medis yang menandakan bahwa sistem pencernaan kita bermasalah. Kenapa? Karena salah satu yang bisa bikin kita kentut adalah pergerakan usus. Kalau kita nggak bisa kentut, harus dicurigai bahwa ada masalah di usus kita yang bikin si usus itu nggak bisa bergerak. Yang paling sering sih akibat adanya sumbatan di ususnya, atau hubungannya sama saraf-saraf yang ada di usus. Contohnya ileus obstruktif, ileus paralitik, gastroparesis, pankreatitis, perforasi gastrointestinal, peritonitis, dan penyakit-penyakit lainnya yang menyebabkan gangguan pada organ pencernaan. Banyak kan? Makanya jangan sepelekan kentut/nggak bisa kentut.

Bahayanya kalau sistem pencernaan kita nggak berfungsi ya kita nggak bisa makan, kemudian makanan-makanan yang udah ada di perut kita itu bisa nyangkut, mampet, dan di usus kita itu banyak bakteri-bakteri yang emang tugasnya buat memfermentasi makanan kita. Kalo barang yang harusnya dikeluarin itu nggak bisa keluarin, akhirnya akan menjadi masalah. Duh, gw lupa lagi patofis lengkapnya (kalo ketauan konsulen gw yang ngajarin udah digeplakin ini pala gw, maap ya dok nanti saya baca-baca lagi hehe). 

Ujung-ujungnya sih, bisa menyebabkan infeksi yang luas yang berasal dari masalah di usus kita itu tadi, infeksi yang luas bisa menyebabkan masalah di organ-organ yang lain dan akhirnya menyebabkan gagal multi-organ. Bahaya banget. Bisa mematikan.

Figur 1.3 Ilustrasi syahdu
Biasanya kalo ada masalah kayak gini, yang kita lakukan harus cepet-cepet dekompresi, keluarin gas-gas di dalem perut biar nggak kembung. Kembung tuh nggak enak banget loh, ya, rasanya. Coba bayangin itu perut isinya gas semua berasa kayak pengen tahak atau kentut tapi nggak bisa dan perut terasa makin besar dan makin kembung. Iya. Sakit itu rasanya. Jadi dikompresi.

Dipasang selang NGT kita bilangnya (cari aja di google kayak gimana selangnya), dari idung masuk sampai ke lambung. Selama itu pasien juga harus puasa, ga boleh makan apa-apa, kalo dimasukkin makanan bakalan tambah sakit soalnya. Dan biasanya, dibutuhkan tindakan bisa sampai operasi besar. Cuma buat biar bisa kentut. Kan.

Hal lain juga kayak abis operasi misalnya, tapi itu sih karena efek obat biusnya, makanya sering orang yang abis operasi ditanya udah kentut atau belum, karena kalau sudah bisa kentut berarti obat biusnya sudah habis masa kerjanya di usus dan sistem pencernaan kita udah siap buat bekerja kembali, tapi harus bertahap biasanya dimulai dari yang cair-cair dulu, lunak, abis itu baru makan biasa. Tapi tergantung kondisi masing-masing orang, lho, ya.

Kalo masalah "dinyatakan covid", itu gw juga ada bahasannya tersendiri tapi nggak disini karena bahasannya juga pasti bakalan panjang. Hehe

Gw cuma pengen yang terlanjur baca postingan blog gw hari ini, jadi seenggaknya tahu sedikit-banyak bahwa kentut ini bukan masalah yang bisa disepelekan begitu saja. Emang sih, bau, tapi bau itu menandakan bahwa organ penceranaan kita masih sehat dan siap untuk bekerja menyerap nutrisi sari-pati makanan-makanan yang kita makan. Tapi tetep kalo kentut jangan sengaja banget di depan muka orang ya, apalagi di depan muka calon mertua. Apalagi sambil cengar-cengir terus bilang "tuh kan aku sehat lho" terus joged-joged. POKOKNYA JANGAN.

Ehem.

Oke.

Makasih banyak ya guys buat yang udah baca postingan blog gw kali ini sampe abis. Semoga postingan gw kali ini sedikit banyak memberikan manfaat ya guys. Terutama buat gw sendiri sih, jadi review-review lagi dan mengingat-ingat masa kelam kegoblokan gw pas koas. Wkwk

Akhir kata, jangan lupa buat selalu ingat pesan gw: Kentut is a privilege!

Sekian. Dadah.

No comments:

Post a Comment

Makasih buat yang udah baca dan komen di blog gw yang ala kadarnya ini. Komennya bisa diketik dibawah terus tinggal klik post nanti bakalan langsung muncul deh. Jangan lupa buat like dan share kalau bermanfaat.
Lot of Thanks! :D