11 Mar 2021

Diet Diem-Diem Diet

Diem.

Iya, bentuk bakunya sih sebenernya diam, ya. Bukannya "diem". Tapi gw lebih suka aja pake diem. Biarin apah kan gw yang punya blog. Wkwk

Halo guys balik lagi sama gw Tiar disini dalam blog Baru Belajar Makan yang udah terbit sejak tahun 2008 dengan kualitas dan konsistensi update yang tentu saja sangat tidak menentu ini. Mumpung bulan ini dan bulan lalu gw lagi getol banget buat ngetik-ngetik apa yang ada di dalem kepala gw, meskipun kepala gw sebenernya lebih sering dikontrakin karena kosong. Tapi tenang, tetep full AC dan kamar mandi dalam.

Figur 1.1 Ilustrasi isi kepala Tiar

Oke, jadi sebenernya kali ini kita mau ngomongin apa? 

Jadi hari ini gw mau ngomel-ngomel. Wkwkwk

Beberapa waktu yang lalu saat gw buka Twitter gw nemu postingan yang sangat men-trigger ketenangan pikiran dan jiwa gw. Iye-iye bahasanya berat ye. Tapi bukan itu masalahnya. Setiap gw buka Twitter di sebuah hari yang indah, dimana matahari sedang bersinar terang-benderang, burung-burung sedang berterbangan berkicau hinggap kesana-kemari, bunga-bunga bermekaran, tawon-tawon menyengat-nyengat.. Pasti ada aja Twit yang bikin ribut dah. Nggak tau kenapa kayaknya orang-orang ini emang seneng bener ribut.. apa aja diributin. -_-)

Jadi Twit ini berisikan tentang sebuah tips diet yang diendorse oleh influencer. Emang, sekarang kalo kita nyari seabreg macem model diet di luar internet sana pasti bakal ketemua banyak banget jenis diet. Low calorie diet lah, Intermitten Fasting lah, Corbuzier diet lah, dan diet-diet lainnya. Tapi yang jadi permasalahan di Twit ini adalah bahwa si program diet yang dia promosiin ini sangat bertentangan dengan keilmuan mengenai gizi yang selama ini kita pelajari sodara-sodara. Bahkan beberapa klaimnya cenderung membahayakan kalau semerta-merta diikutin. Iya, sih, emang kalo bilang berat badan turun ya pasti bakal turun kalo diliat dari detil programnya. Tapi ya itu, membahayakan.

Heu'euh.

Jadi gw baca tuh, sepanjang thread membentang, dipaparkan oleh akun twitter yang penggunanya adalah seorang ahli gizi mengenai program diet tersebut. Jadi di program diet itu sehari makannya itu <500kkal dan nggak pake sayur dan buah. Gils. Dan udah banyak testimoni-testimoni dari orang-orang yang ngikutin diet tersebut bahwa setelah beberapa hari pake menu makan dari diet itu langsung nggak BAB berhari-hari dan bahkwan ada yang sampe dirawat di RS dengan berbagai macam kondisi. Parahnya ini di dalem buku ini mencantumkan juga nama dokter dan fotonya sebagai klaim bahwa diet ini didukung oleh dokter ybs. Aduh. Gw tepok jidat.

"Tapi kan jadinya berat badannya tetep turun drastis juga?"

Eh kompor mledug. Dengerin nih ye. Berat lu turun si bisa turun cepet, tapi jeroan lu juga ikutan turun. Bahaya sih ini, penurunan berat badan dengan cara diet yang sembarangan itu bisa membahayakan. Berdasarkan testimoni, yang masuk RS karena mengikuti program diet ini menyebutkan adanya penurunan elektrolit di dalem darah dengan kadar yang cukup banyak. Dan yang biasa punya sakit magh juga jangan ditanya, juga bakalan kambuh.

Figur 1.2 Hati-hati memakai kompor

Kalo boleh jujur, nih, ya. Selama gw sekolah kedokteran, ilmu gizi ini salah satu yang ternjlimet dan banyak itungannya. Banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam membuat menu harian untuk satu orang pasien. Jumlah kebutuhan kalori per harinya, jumlah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Semua itu harus seimbang dan disesuaikan dengan kondisi pasiennya. Pasien dengan DM? menunya beda. Pasien dengan hipertensi? menunya beda. Pasien yang mau naik berat badan? Naiknya berapa kilo? aktivitas hariannya apa aja? Pasien mau nurunin berat badan? Berapa kebutuhan kalori hariannya? berapa target turun berat badannya dalam 1 minggu? Bagaimana mengatur menunya supaya fungsi tubuh tetap terjaga tapi pasien bisa mencapai berat badan ideal yang diinginkan? Banyak.

Jadi, ilmu gizi ini nggak semerta-merta asal plek, ketuplek-tuplek terus "eh, bisa nih gw bikin program diet, berat gw turun dengan cara-cara ini-anu-ini, bisa nih gw bikin program diet buat orang-orang di internet" nggak semudah itu ya Fernando. Nggak cuma ilmu gizi aja, sih, sejatinya semua bidang ilmu itu seperti itu. Kita harus bener-bener mempelajari ilmu tersebut dari ahlinya dulu, yang berpengalaman, baru kita bisa bicara mengenai ilmu itu. Dan tiap ilmu pasti ada kompetensinya masing-masing, dimana ada kompetensi, ada uji kompetensi. Jadi dalam keilmuan itu nggak ada yang asal-asalan ya guys. Nggak boleh asal-asalan.

Mungkin kita semua sering denger sebuah kata mutiara jaman dulu yang biasa ada di buku tulis SIDU waktu SD, bahwa "diam itu bau", eh. "Diam itu emas" maksud gw. Kalo gw perhatiin juga sebenernya waktu pelajaran Bahasa Indonesia waktu SD banyak kata-kata mutiara yang bagus-bagus, dan kalau kita pahami artinya setidaknya kita bisa belajar sedikit-banyak mengenai pelajaran hidup, norma-norma, dan tata krama di masyarakat yang akhir-akhir ini kayaknya udah banyak banget orang yang lupa/nggak tau/nggak peduli. Nggak tau kenapa, ya, mungkin udah banyak yang nggak pake buku SIDU waktu sekolah tapi pakenya buku CAMPUS. Tapi gw nggak tau juga ya gw cuma seonggokan orang yang suka ngetik blog.

Lanjut.

"Diam itu emas" ini kepake banget terutama kalau pas lagi koas dulu. Sayangnya, gw dari dulu itu orangnya emang suka sotoy dan nyerocos bae apa yang ada di mulut gw, padahal yang seperti gw bilang tadi kalo kepala gw masih belom ada yang ngontrakin. Nah, di koas harus dikurang-kurangin nih yang begini. Soalnya semakin lu nyerocos tanpa dasar yang jelas ya lu sama aja kayak gali kuburan sendiri. Semakin nyerocos akan semakin dalam, semakin dalam, semakin dalam, sampe akhirnya lu berubah jadi Romi Rafael di depan konsulen. Ya, siapatau aja gitu kan.

Di stase bedah, salah satu stase ter-capek, ter-gila, ter-nggak-tidur, ter-nunduk yang gw alamin dan gw rasain si "diam itu emas" ini kadang sering banget gw lupain. Ya akhirnya gw dikubur bareng-bareng seiring gw nyerocos. Sampe akhirnya salah satu konsulen gw ngebentak waktu gw lagi lapor pasien "KALO LU NGGAK TAU LU DIEM AJA! GW NANYA SAMA RESIDEN GA NANYA SAMA LU!". Gw kaget. Tapi nggak kaget juga sih, soalnya udah biasa. Tapi anggep aja gw kaget ya. Oke. Gw kaget.

Figur 1.3 Ilustrasi diam

Gw kaget soalnya gw waktu itu belom tidur 2 harian dan tiba-tiba konsulen gw teriak depan muka gw. Terus gw mikir. Iya juga yak. Gw kalo gatau mah diem aja, semakin gw ngomong bakalan semakin keliatan gobloknya. "Naah, gitu dong yar. Sadar juga akhirnya lu." kata temen gw dari kejauhan. Wkwk. Kampret. Tapi iya, berkat beliau ya gw jadi lebih sering mempraktikkan "diam itu emas" di dalam kehidupan perkoasan gw dan Alhamdulillah beberapa kali terselamatkan berkat itu. Wkwk

Intinya, gw rasa orang-orang di dunia maya dewasa ini udah jarang mempraktikkan ini. Karena ini juga lah, mungkin, banyak Hoax-hoax nggak bertanggung jawab di luar sana yang ujung-ujungnya cuma merugikan kita semua. Memang saat ini kita di dalam era yang bebas se-bebas bebasnya untuk mengeluarkan opini apapun bentuknya, tapi kalo yang disampaikan cuma sebatas opini, udah gitu opininya nggak bener, ngajak-ngajak lagi, parahnya banyak yang ngikutin pulak. Kan, jadinya bukan kebaikan yang tersebar tapi malah jadi merugikan banyak orang.

Menurut gw, orang yang bisa jadi influencer adalah orang yang beruntung dan memiliki rejeki lebih di bidangnya. Tapi alangkah lebih baiknya bahwa seorang influencer memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas yang dia influence-kan ke orang banyak, karena sebagai role model, seorang tokoh, tindakan, perbuatan, gerak-gerik, perilaku yang dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar akan dapat mempengaruhi banyak orang dan menimbulkan dampak yang besar.

Gitu deh pokoknya ya guys. Sekarang ini semua orang bisa menjadi siapa aja, bisa jadi apa aja, dan baik buruk itu gampang banget diputar balikkan. Jadi kita semua harus ekstra hati-hati dan selalu waspada ya.

Dah gitu aja deh ranting gw di postingan kali ini.

Stay safe, keep healthy! I'll see you on the next post ! :D

No comments:

Post a Comment

Makasih buat yang udah baca dan komen di blog gw yang ala kadarnya ini. Komennya bisa diketik dibawah terus tinggal klik post nanti bakalan langsung muncul deh. Jangan lupa buat like dan share kalau bermanfaat.
Lot of Thanks! :D