27 Feb 2021

Kenapa gw suka Isekai?

Isekai dalam bahasa Jepang bisa kita bilang sebagai "dunia lain". Termasuk salah satu genre di dalam kategori light-novel dan juga manga yang akhir-akhir ini juga banyak yang udah diadaptasi jadi anime dan judulnya bermacam-macam tentunya, terkadang abstrak. Saking abstraknya judulnya biasanya berupa paragraf yang panjang banget dan akhirnya para penggemarnya menyebut judulnya dengan disingkat.

Contoh:

"Kono subarashii sekai ni Shukufuku o! (この素晴らしい世界に祝福を!)" akhirnya cuma disebut "Kono Suba" atau "Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (Re:ゼロから始める異世界生活)" yang akhirnya cuma disebut "Re:Zero", dan yang lainnya. Kenapa? Simple: SOALNYA KEPANJANGAN.

Kalo ngambil dari Wikipedia, definisi isekai sebagai berikut:

Isekai (異世界, "dunia berbeda") adalah subgenre dari novel ringan, manga, anime, dan permainan video Jepang. Pada awalnya isekai termasuk genre "Fantasy" namun seiring dengan perkembangan dan mulai ramai bermuculan Light Novel & manga yang bertemakan Isekai dari tahun 2017 sampai sekarang maka genre isekai pun muncul dan sering dijumpai web-web baca online. genre ini memang betul belum di angap sebuah genre di jepang sendiri ini terjadi karena ke populeran LN, Anime & Manga bertemakan isekai.

Iya. Gw sekarang suka aja gitu ngambil quote-quote dari wiki atau penyedia definisi yang lainnya. Soalnya blog gw jadi keliatan banyak isinya padahal mah kadang quotenya berhubungan tapi seringnya nggak ada hubungannya sama sekali. Biar keliatan kayka blog bagus aja gitu. Heheh

Figur 1.1 Ini bukan Isekai

Lanjut.

Ngomongin genre isekai, ini merupakan salah satu genre favorite gw buat manga ataupun anime. Awal gw suka genre isekai dan tahu adanya isekai dimulai setelah booming Sword Art Online atau yang dibilang orang-orang SAO. Mungkin sebenernya genre isekai udah ada lebih dulu dibanding itu, dan mungkin juga SAO nggak termasuk ke genre isekai karena sebenernya dia bercerita di dunia virtual, bukan dunia yang lain. Tapi gw jadi tau ada genre yang mirip-mirip ini karena gw suka SAO dan mencoba buat cari tau anime/manga lain dengan plot yang mirip-mirip dan JDER! Terbitlah gw suka isekai.

Selidik punya selidik ternyata SAO ini banyak juga yang nggak suka. Katanya, sih, plotnya terlalu klise karena tokoh utamanya - Kirito - terlalu IMBA dan mau gimanapun kita udah tau bahwa pada akhirnya si Kirito bakal menyelamatkan dunia gimanapun caranya dan mendapatkan banyak harem. Dan. Ya. Gitu. Deh.

Gw yakin, sih, sebenernya tetep banyak yang suka juga SAO dan anime/manga bergenre isekai lainnya. Pertanyaannya: kenapa sih gw suka banget sama genre isekai? Kenapa meskipun plotnya klise dan udah bisa ditebak endingnya tetep aja enak buat ditonton? Kenapa meskipun banyak cringe-nya juga tapi tetep aja ditonton? Kenapa kalo genre isekai protagonisnya kebanyakan pada akhirnya buka harem? Terus kenapa sih kalo gw makan pecel lele di pinggir jalan sering banget jadi mencret? eh.

Jawabnya, ada di ujung langit.

Bukan, deng.

Figur 1.2 Ilustrasi ujung langit

Menurut gw sendiri, genre isekai ini bisa jadi pelarian orang-orang yang membaca/menonton. Karena di genre isekai ini, biasanya sih, tokoh utamanya pasti akan punya kemampuan super yang membuat hidupnya menjadi lebih mudah. Entah kekuatan super lah, status super lah, nggak bisa mati lah, dan lain-lainnya. Pokoknya si tokoh utama ini biasanya di kehidupan aslinya dia nggak punya kemampuan apa-apa dan terdzolimi banget deh. Nah, pada saat dia pindah ke dunia lain (biasanya ditabrak ama trek dulu) dia dikasih kemampuan super dan selanjutnya di kehidupan yang barunya ini akhirnya dia jadi seseorang yang keren banget. Jadi kehidupannya berubah 180 derajat. 

Mungkin ini juga yang akhirnya dirasakan oleh para pembaca/penonton, karena kita menginginkan hal yang sama. Mungkin saat ini kita sedang di masa-masa yang sulit dan memerlukan sebuah keajaiban dimana kita bisa mendapatkan sebuah kekuatan super. Kan enak gitu kalau tiba-tiba kita bisa baca pikiran orang lain, bisa punya kekuatan super kayak mengendalikan elemen kayak avatar Aang gitu, bisa menghasilkan duit sendiri, atau bisa punya pohon duit gitu kan enak ya. Hehehehe.

Yah, namanya juga ngarep.

Tapi dari semua isekai yang gw liat, salah satu syaratnya ya harus nggak hidup dulu di dunia yang sebelumnya. Dengan kata lain biasanya si orang yang ter-isekai ini nggak bisa balik lagi ke dunia asalnya, atau mati dulu, mokad, is dead, metong, dan sebutan lainnya. Jadi yang gw perhatikan disini sebenernya tema lebih besarnya lagi adalah mengenai reinkarnasi, atau kepercayaan yang bilang bahwa setelah orang meninggal, jiwanya akan hidup kembali sebagai orang yang berbeda entah di mana dan entah kapan. Buat sebagian banyak orang-orang di tempat genre isekai ini berasal, reinkarnasi ini sangat ngetop dan rata-rata orang percaya bahwa setelah mereka meninggal kemungkinan roh mereka akan menjalani reinkarnasi ini. Kurang lebih gitu.

Jadi percaya nggak percaya, ini sih tergantung kepercayaan masing-masing. Kalo gw sih lebih percaya kalo orang yang udah mati pasti jasadnya nggak bakalan bisa ngupil lagi. Percaya, deh.

Sejauh kita memandang dunia mengenai per-isekai-an ini, kita harus tetap kembali lagi ke kehidupan kita yang sebenarnya. Dimana kita semua masing-masing hanyalah seorang manusia biasa - yang apapun pekerjaan, pendidikan, profesi, dan statusnya - yang pasti pernah atau sering melakukan kesalahan dan nggak bisa melakukan segala sesuatunya dengan sempurna. Kita sebagai manusia hanya bisa melaksanakan apa yang bisa kita kerjakan dengan sebaik-baiknya kemampuan kita. Gimana orang lain menilainya, yang penting kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk berbuat sebaik yang kita bisa. Salah itu biasa, tapi bisa mengakui kesalahan dan bangkit kembali untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama itu luar biasa.

... kenapa gw tiba-tiba jadi kesambet gini.

Figur 1.3 Ilustrasi meratapi hidup

Oke guys, sampe sini dulu kali ya bahasan gw kali ini.

Mudah-mudahan bahasan di blog gw kali ini berguna bagi nusa bangsa, negara, dan agama kita masing-masing ya. Intinya sih ya gw tetep suka genre isekai soalnya rata-rata emang gw suka sama jalan ceritanya, dan ngeliat karakter utama yang OP gile kadang-kadang bikin gw juga ikutan cengar-cengir sendiri. Wkwkwk

Stay healthy, stay foolish guys! Tiar out.


No comments:

Post a Comment

Makasih buat yang udah baca dan komen di blog gw yang ala kadarnya ini. Komennya bisa diketik dibawah terus tinggal klik post nanti bakalan langsung muncul deh. Jangan lupa buat like dan share kalau bermanfaat.
Lot of Thanks! :D